Antibiotik Penisilin

Antibiotik Penisilin




Kolekium Oleh :

Tias Widiastuti
State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
 Biology-ScienceTech
Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat 15412
 email : tias.widyastuti87@yahoo.com

Pendahuluan
—Antibiotik merupakan zat yang diproduksi oleh suatu mikroba untuk menghambat atau membasmi mikroba jenis lain. Salah satu mikroorganisme yang dapat menghasilkan zat antibiotik adalah jamur, terutama jamur dari divisi Ascomycotina yaitu Penicillium notatum. Antibiotik yang dihasilkan oleh jamur ini adalah penisilin Antibiotik penisilin dalam jamur Penicillium notatum ditukan pertama kali oleh Alexander Fleming pada tahun 1928. Fleming memperlihatkan bahwa pada suatu cawan agar yang diinokulasikan dengan Staphylococcus aures telah terkontaminasi oleh sejenis jamur dan koloni jamur tersebut dikelilingi oleh suatu zona yang jernih.

 Gambar 1 Penampakan mikroskopis
Penicillium notatum.


Struktur Penisilin
Penisilin merupakan kelompok antibiotik β-laktam yang memilki rumus molekul R-C9H11N2O4S, dengan R adalah rantai samping yang beragam. Gugus R ini merupakan gugus asam amino bebas yang dapat mengikat berbagai radikal.
struktur pen
 Gambar 2 Struktur molekul antibiotik
β-laktam


Mekanisme Kerja Penisilin
—  Penisilin bekerja terhadap:
  1. Bakteri gram positif seperti Staphylococcus, Sterptococcus
  2. Bakteri gram negatif seperti Escherichia coli dan Klebsiellapneumoniae

Mekanisme kerja pada Gram Positif
—  Cara kerjanya dengan menghambat enzim transpeptidase, dengan kata lain β-laktam akan terikat pada enzim transpeptidase yang berhubungan dengan molekul peptidoglikan à rusaknya dinding sel pada bakteri, à pengambilan kelebihan air dan melemahkan dinding saat sel membelah à menyebabkan lisis sel

Mekanisme kerja pada Gram Negatif
—  Mekanismenya tidak berbeda dengan mekanisme aksi pada bakteri gram positif. Hal yang membedakan yaitu pada bakteri gram positif, setelah kehilangan dinding sel akan menjadi protoplas, sedangkan pada bakteri gram negatif akan menjadi sferoplas. Protoplas dan sferoplas inilah yang nantinya akan lisis (pecah).

Resistensi Penisilin
—  Mekanisme resistensi bakteri terhadap β-laktam antibiotik yang terkandung dalam penisilin yaitu pembentukan enzim betalaktamase (enzim yang dapat menghidrolisis cincin β-laktam).
—  Kurang mempunyai reseptor spesifik atau kurangnya permeabilitas lapisan luar, sehingga obat tersebut tidak mencapai reseptor.

Efek Samping dari Penisilin
—  Reaksi Alergi
—  Reaksi hipersensitif seperti ruam dan gatal.
—  Mual, diare, kejang, halusinasi

Isolasi jamur Penicillium notatum
—  Jamur Penicillium notatum dapat diisolasi dari tanah dengan menggunakan metode cawan sebar. Prinsipnya yaitu dengan mengencerkan sampel tanah.
—  Koloni penghasil aktivitas antibiotik ditunjukkan pada area agar di sekitar koloni yang bebas pertumbuhan koloni lain. Setelah terbukti bahwa koloni tersebut memang penghasil antibiotik à dimurnikan dan disubkultur untuk membuat stok biakan yang diperlukan dalam pengujian selanjutnya.

Kesimpulan
—  Manfaat dari Penicillium notatum adalah untuk pembuatan antibiotik.
—  Mekanisme kerja dari antibiotik penisilin ini adalah menghambat sintesis dinding sel bakteri dan mencegah sintesis peptidoglikan.
—  Penyebab terjadinya resistensi penisilin karena pada bakteri tertentu dapat menghasilkan enzim betalaktamase.
—  Metode yang digunakan dalam mengisolasoi jamur Penicillium notatum adalah metode cawan sebar.

Daftar Pustaka
Ahmad, R Z. 2009. Cemaran Kapang pada Pakan dan Pengendaliannya. Jurnal Litbang Pertanian. 28 (1):  1-21

Gandjar I., R A Samson, Karin V., A Oetari & Imam S. 1999.  Pengenalan Kapang Tropik Umum. Jakarta.  Yayasan Obor Indonesia

Pelczar, M.J & E.C.S. Chan. 2005. Dasar-dasar           Mikrobiologi. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Universitas I    ndonesia Press

Susanti, D & Sri R.D. 2004. Kloning gen penisilin V Asilase dari Bacillus sp, BAC4 Melalui  pembuatan      pustaka Genom. Biodiversitas. 5(1): 1-6

Suwandi, U. 1989. Mikroorganisme Penghasil Antibiotik.  Cermin Dunia Kedokteran. 58: 37-40.

Comments

Popular Posts